11 May 2020

101 | Jenis - Jenis Cleanser/Pembersih Wajah yang Perlu Diketahui

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Hallo!
Hai!

Pengenalan dulu ya, jadi di postingan "101" aku akan sharing ke kalian mengenai jenis-jenis produk skincare. Aku akan mencantumkan penjelasan dari sumber yang terpercaya dan review singkat produk yang pernah/sedang aku pakai. Tapi sebelumnya, diingatkan ya aku bukan seorang expert, maksud aku adalah sharing bukan menggurui dan pembaca punya hak untuk berdiskusi jika dirasa ada penyampaian yang salah. Nah, di postingan kali ini aku akan post mengenai Cleanser atau Pembersih. 
Cleansing merupakan step pertama yang dilakukan dalam rutinitas skincare. Mungkin ada yang melakukan hanya 1 step cleansing, 2 step cleansing, dan bahkan 3 step cleansing.

PENTING ?
Step cleansing menurutku adalah step paling penting dalam skincare. Step ini melakukan pembersihan debu, kotoran, atau pun makeup yang menempel pada wajah. Ketika kita melakukan step ini dengan kurang baik, mungkin sekali kotoran akan mengendap di pori-pori dan dapat menimbulkan komedo bahkan jerawat. Maka, penting banget melakukan step pertama ini dengan baik.

JENIS CLEANSER ATAU PEMBERSIH WAJAH
  • Facial Foam / Foaming Cleanser
Produk ini mengeluarkan busa ketika di usap dengan air. Kebanyakan orang menggunakan tipe produk ini karena merasa lebih mudah untuk digunakan. Produk ini dapat membersihkan kotoran cukup baik. Sayangnya, beberapa facial foam/foaming cleanser mengandung SLSsodium lauryl sulfate ) yang dapat menyebabkan kulit menjadi kering. Produk yang mengandung SLS biasanya diperuntukan untuk kulit berminyak. Namun, saat ini seiring dengan perkembangannya sudah banyak produk yang tidak mengandung SLS.
Saat ini aku pakai Garnier Light Complete Brightening Foam. Sebenernya aku gapernah ganti sabun muka, selalu pakai ini sih hahaha. Produk ini gabikin muka aku jadi "putih", tapi kalau jadi cerah sih aku setuju. Busanya tidak terlalu banyak, setelah pakai ini muka bakal ngerasa ketarik gitu (kering), jadi harus segera lanjut ke step berikutnya.
  • Micellar Water
Sesuai namanya produk ini berbahan dasar air. Biasanya produk ini digunakan untuk menghapus make up dengan bantuan kapas. Setelah menggunakan produk ini, kita tidak perlu membersihkannya dengan air. Biasanya produk ini akan membuat wajah kita terasa lembut dan lembab. Tetapi, akan lebih baik produk ini hanya digunakan sebagai first cleanser dan dilanjutkannya dengan second cleanser.
Diantara dua produk diatas, aku kurang suka dengan Ovale. Menurutku dia ini kurang bersih dalam melakukan tugasnya. Kalau sama wardah aku suka banget sih! Bahkan aku lebih suka Wardah daripada Garnier yang biru itu. Untuk review lebih lengkap mengenai wardah micellar water, klik disini.
  • Milk Cleanser
Milk cleanser tidaklah mengandung susu, tapi teksturnya seperti susu. Cara menggunakannya, usap produk pada wajah hingga terasa bersih. Setelahnya, beberapa produk menyarankan dibersihkan dengan air ada pula hanya dengan kapas. Biasanya produk ini meninggalkan rasa lembab diwajah, sehingga sangat cocok untuk pemilik kulit kering. Namun, tidak masalah digunakan oleh kulit berminyak.
Ini satu-satunya milk cleanser yang pernah kucoba. Walaupun harganya murah, menurutku produk ini melakukan pekerjaannya sangat baik. Diantara cleanser yang lain, aku paling sering menggunakan produk ini dan dilanjut dengan facial foam tentunya.
  • Oil Cleanser
Biasanya produk ini digunakan untuk membersihkan makeup yang tebal. Tipe ini memang benar-benar mengandung oil dan terlihat seperti oil. Penggunaanya sama seperti milk cleanser, namun produk ini setelahnya cukup dibilas dengan air. Biasanya digunakan sebagai first cleanser dan akan dilanjutkan dengan second cleanser. Jenis ini cocok untuk semua jenis kulit, tapi pilihlah second cleanser yang cocok sehingga dapat membersihkan residu dengan baik. 
Baru-baru ini aku coba oil cleanser milik DHC. Ini kaya mini-size gitu, kebetulan dapat dari giveaway SOCO (terimakasih soco!). Pertama kali pakai, jujur kaget sih. Kulit aku rasanya enteng/hampang banget dan rasanya bersih banget! 




  • Balm Cleanser
Kalau tidak familiar dengan sebutan "balm" ingat saja "balsem", nah seperti itu bentuk produknya. Sama seperti oil cleanser, produk ini juga biasa digunakan untuk membersihkan makeup yang tebal. Produk jenis ini lebih melembabkan dibandingan kan yang lain, sehingga sangat cocok untuk kulit kering. Sedangkan, untuk kulit kombinasi dan berminyak rasanya terlalu rawan karena sering kali menimbulkan jerawat. 
Aku sendiri belum pernah coba produk sejenis ini karena kulit aku berminyak, jadi sedikit parno hehe. Kalau kalian mau coba bisa coba merk POND'S yang sekarang lagi cukup hits, aku sendiri jujur tertarik banget cobain ini. Coming Soon bakalku coba! Selain POND'S, kalian juga bisa coba merk Banila Co, cleansing balmnya banyak banget yang suka, tapi harganya lebih pricey ya dibandingkan POND'S.
  • Bar Cleanser
Produk ini bentuknya seperti sabun batang. Dari referensi yang aku baca, pembersih seperti ini tidak direkomendasikan karena terlalu kuat untuk kulit. Kalau aku kurang suka dengan produk seperti ini karena khawatir tidak bisa menyimpannya dengan baik, takut tidak higienis. Karena itu, aku gak pernah coba produk semacam ini.
Mungkin beberapa orang tidak asing dengan produk ini. Ini adalah salah satu bar cleanser yang ramai dibicarakan. Katanya bagus untuk bruntusan dan harganya juga murah, bisa ditemuin di minimarket.
  • Cleansing Wipes
Bisa dikatakan produk ini adalah tisu basah cleanser. Produk seperti ini cocok untuk digunakan saat bepergian karena mudah digunakan dan cukup efektif membersihkan wajah dari makeup serta debu.
Aku sudah coba produk seperti ini, dari brand Biore. Menurutku, produk seperti ini sangat membantu ketika kita dalam perjalanan jauh. Aku pribadi gak ngerasa nyaman untuk tidur dalam keadaan wajah tidak bersih, walaupun itu dikendaraan. Produk ini adalah alternativenya. Kebetulan punyaku udah habis, jadi fotonya kucomot dari google ya hihi.

Nah, itu dia beberapa jenis cleanser/pembersih wajah yang sering digunakan oleh wanita Indonesia. Sebenernya masih ada yang lain, kalau kalian mau baca boleh klik link sumber dibawah ya! 

Ohiya, aku kadang melakukan 2/3 step cleansing, yaitu 1st cleanser micellar water, 2nd milk cleanser, dan 3rd facial foam. Untuk 1st dan 2nd cleanser kadang aku ilangin salah satu, jadinya cuman 2 step. Untuk oil cleanser, aku jarang pakai, tapi bakal aku pakai kalau abis makeupan.




Sekian postingan kali ini.
Semoga kalian suka!
Kalau ada tulisanku yang salah, mohon kasih tahu aku ya!
Silahkan beri komentar dibawah ya 😍
Thankyou!
Bye!
Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh



Sumber :
https://www.ejollify.com/types-of-cleansers/

https://www.paulaschoice-eu.com/which-cleanser-is-right-for-my-skintype
Tiga foto terakhir dari Google

No comments:

Post a Comment